POROS JATIM MEMANG BEDA

dasdasda

RS BDH Surabaya Akan Punya Alat Terapi Nuklir

  • 252 views
  • 0 comments
  • Portal Berita Jawa Timur RS BDH Surabaya Akan Punya Alat Terapi Nuklir RS BDH Surabaya Akan Punya Alat Terapi Nuklir
  • thumb Portal Berita Jawa Timur RS BDH Surabaya Akan Punya Alat Terapi Nuklir RS BDH Surabaya Akan Punya Alat Terapi Nuklir

Poros Jatim - Rumah Sakit Umum Daerah Bhakti Dharma Husada atau dikenal dengan sebutan RS BDH mulai menyiapkan diri untuk mendirikan pusat pelayanan terapi nuklir. Terapi itu ditujukan bagi penderita kanker serviks dan tiroid. Meski pengerjaan bangunan fisik baru digarap pada 2020, pihak RS sudah mempersiapkan beberapa hal diantaranya perekrutan tenaga fisikawan medis sejak Juli lalu.

’’Tenaga fisikawan dibutuhkan mulai sekarang. Terutama untuk merekomendasikan atau mengusulkan sarana dan prasarana bangunan yang dibutuhkan. Sebab, dia yang tahu,’’ jelas drg Orta Wido Artati MKes selaku Direktur RSUD BDH Surabaya.

RSUD BDH ditunjuk Wali Kota Tri Rismaharini sebagai pusat pelayanan terapi nuklir dengan beberapa alasan. Salah satunya masih tersedia lahan yang memungkinkan untuk dibangun gedung baru. Lahan yang rencananya akan digunakan adalah lahan parkir yang berdekatan dengan masjid. Tepatnya di selatan gedung utama RS. Rencananya, lahan itu digeser ke sisi timur, dijadikan satu dengan parkiran untuk karyawan. Dengan begitu, lahan tersebut bisa dialihfungsikan sebagai bangunan baru tempat pelayanan terapi nuklir.

Ditempat lain, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Febria Rachmanita yang akrab dipanggil Feni menerangkan bahwa Pemkot Surabaya sudah menganggarkan sekitar Rp 140 juta untuk pengadaan alat terapi nuklir tersebut, yang direncanakan tuntas pada 2020.

Sedangkan Pihak RS juga mengirimkan usul anggaran untuk beberapa perincian yang berkaitan dengan isi bangunan. Misalnya, perekrutan SDM sekaligus pelatihannya, bahan habis pakai, peralatan medis, kasur pasien, TV, lemari, dan meja. Total dibutuhkan sekitar Rp 148 miliar.

Saat ini pihak cipta karya melakukan tahap detail engineering design (DED) seperti pengukuran lahan untuk bisa menentukan kisaran anggaran dan detail spesifikasi bangunan.

Dengan adanya penambahan alat-alat terapi kanker, Feni berharap waktu antrean pasien kanker di Surabaya bisa lebih dipersingkat "Antreannya lama, lebih mungkin dari enam bulan. Ada yang setahun. Diharapkan ini bisa mengurangi waktu tunggu. Nanti mungkin jadinya nggak terlalu lama. Mudah-mudahan (waktu antre) bisa dua minggu, sebulanlah," harapnya.

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Poros Jatim, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Poros Jatim All right reserved   Developed by Nomor Cantik Keren
  • 085 200 722 000
  • jokopramonoporosjatim@gmail.com
Sakit apapun, Solusinya hanya BIO-7 & M-KING , Herbal Terbaik Indonesia yanng dasyat menyembuhkan berbagai macam penyakit.Hub : 085-200-722-000    |    Info Produk BIO7 & M-KING Serta Konsultasi Kesehatan : Jl. Kyai Muksin 55 ( depan ATM RSI Lumajang) Telp.082.335.667.777    |