solusifm.listen2myradio.com

Kajati Turun Langsung Pemeriksaan Belasan Pejabat Pemkab

  • 1068 views
  • 0 comments
Kajati Pantau Langsung Pemeriksaan Belasan Pejabat Pemkab

Poros Jatim – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Timur, Elvis Johnny SH. MH, Selasa (14/4), mengunjungi kantor Kejaksaan Negeri Lumajang, salah satu agendanya adalah memantau langsung pelaksanaan pemeriksaan belasan pejabat dan staff Pemkab Lumajang yang terkait dengan pertambangan pasir besi diwilayah selatan Lumajang.

Kepada sejumlah wartawan Kajati mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan pendalaman dan mengumpulkan keterangan dengan memeriksa sejumlah saksi-saksi terkait, setelah itu akan dilakukan analisa. “Apakah akan muncul tersangka baru ataukah akan ada upaya paksa, nanti setelah ini akan kita lakukan evaluasi,” katanya.

Disinggung soal telah ditetapkannya dua tersangka berinisial L dan G yang terkait dengan kasus pertambangan pasir besi milik PT. IMMS, Kajati menerangkan jika peran keduanya berbeda. Untuk L perannya adalah pimpinan perusahaan dan G adalah salah satu pegawai Pemkab yang saat itu terlibat dalam proses perijinan Amdal pertambangan pasir besi.

Untuk sementara pihaknya masih belum bisa memastikan apakah dari eksekutif ada yang ditetapkan sebagai tersangka atau tidak, pihaknya masih melakukan pendalaman berdasarkan keterangan dari saksi yang sudah dipanggil. “Dari pendalaman nanti ada berbagai kemungkinan, apakah sudah saatnya melakukan upaya paksa atau tidak, kemudian apakah sudah memungkinkan adanya penambahan tersangka baru,” beber Elvis Johnny.

Selama dua hari pemeriksaan ini sudah belasan pejabat dan staff Pemkab Lumajang yang dipanggil dan dimintai keterangan. Kajati juga mengakui jika pemanggilan para pejabat Pemkab ini masih sama dengan pemanggilan belasan pejabat Pemkab ke kantor Kejati beberapa waktu lalu.

Soal kerugian negara yang ditimbulkan dalam kasus ini pihaknya masih belum bisa memastikan  karena masih dalam perhitungan. “Untuk menghitung kerugian ini tim kita masih berpikir apakah bisa melakukan perhitungan sendiri atau melibatkan pihak luar, iniliah yang menjadi salah satu kesulitan tim,” ungkapnya.

Sejumlah kasus dugaan korupsi di Lumajang juga masih menjadi sorotan Kejaksaan Tinggi Jatim diantaranya yang sudah dilaporkan adalah perkembangan kasus Koperasi Wirabhakti Lumajang, kasus Kemenag Lumajang serta sejumlah kasus dugaan korupsi dan penyimpangan lainnya. “Ditotal ada 5 kasus dugaan korupsi yang sudah masuk dalam tahap penyidikan,” pungkas Elvis Johnny. (ek)

 

 

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Poros Jatim, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Poros Jatim All right reserved   Developed by Nomor Cantik Keren
  • joko.sentralfm@yahoo.co.id
  • 082 141 504 103
  • 55496BC7
Sakit apapun, Solusinya hanya BIO-7, Herbal Terbaik Indonesia yanng dasyat menyembuhkan berbagai macam penyakit.Hub : 085-200-722-000    |    Info Produk BIO7 & Konsultasi kesehatan : Jl. Kyai Muksin 55 ( depan ATM RSI Lumajang) Telp.082.335.667.777    |